Selasa, 01 Juli 2014

MULUT TETAP SEGAR SAAT BERPUASA



Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Umat Muslim senantiasa melakukan ibadah puasa sebagai bentuk kepatuhan terhadap perintah Allah. Saat berpuasa, tidak diperbolehkan makan setelah sahur hingga menjelang berbuka puasa. Namun, hal yang paling sering dikeluhkan adalah masalah bau mulut. Dalam dunia medis, kondisi ini biasa disebut halitosis.
Berpuasa dan bau mulut sangat berkaitan erat. Hal itu dapat terjadi karena selama puasa kondisi mulut yang kering tanpa makanan dan air. Sehingga kelenjar air liur tidak dapat memproduksi dalam jumlah cukup untuk menjaga nafas tetap segar. Memang bau mulut saat menjalankan ibadah puasa merupakan hal yang wajar. Namun tidak begitu saja kita mengabaikan kebersihan tubuh terutama kebersihan mulut saat berpuasa.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan menjaga mulut tetap segar namun tidak melanggar aturan berpuasa:
1.      Sikat gigi seperti biasa. Setelah makan sahur diusahakan untuk menyikat gigi dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut.
2.      Perbanyak minum air putih pada saat sahur. Minum sekitar 2-3 gelas air putih pada saat sahur, selain untuk mencegah dehidrasi juga dapat menjaga mulut tidak kering saat berpuasa.
3.      Berkumur saat wudhu. Dengan berkumur dengan benar sebelum menjalankan ibadah sholat terbukti mampu membersihkan mulut. Hal ini boleh saja dilakukan, asal airnya jangan sampai tertelan ya
4.      Mengkonsumsi cukup buah dan sayur saat berbuka maupun saat sahur. Kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah mampu menjaga kebersihan gigi dan mulut terlebih pada saat berpuasa
5.      Stop kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti merokok sebaiknya dihentikan sementara karena mampu memperparah kondisi mulut ketika berpuasa.
Sekian beberapa tips menjaga mulut tetap segar saat berpuasa. Bila kondisi mulut tidak segar sering terjadi, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Bisa saja disebabkan adanya penyakit lain, seperti gigi berlubang. Semoga puasa bukan menjadi hambatan dalam berinteraksi dengan yang lain ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar