Kamis, 21 Februari 2019

SOSIALISASI MELALUI PENYULUHAN KESEHATAN RS "WASPADA DEMAM BERDARAH DENGUE"


Awal tahun 2019, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mewabah kembali di berbagai wilayah dii Indonesia, termasuk di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya. DBD adalah demam yang diikuti dengan perdarahan di bawah kulit, selaput hidung dan lambung. Virus DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dengan ciri – ciri berwarna belang hitam dan putih.
RSUP Fatmawati telah merawat pasien DBD sebanyak 71 orang selama bulan Januari 2019. Selain penanganan secara kuratif, RSUP Fatmawati juga melaksanakan peran promotif dan preventif dalam penanggulangan penyakit DBD. Kegiatan yang telah dilakukan, antara lain :
1.   Pengendalian jentik dan hama (serangga, tikus dan binatang pengganggu lainnya) yang dilakukan setiap hari oleh petugas sanitasi RS.
2.   Fogging/pengasapan yang dilakukan secara rutin setiap hari Jum’at 2 minggu sekali di lingkungan RS.
3.   Penyuluhan kesehatan kepada pasien, keluarga serta pelanggan lainnya melalui kegiatan PKRS Internal yang dilakukan di ruang tunggu pasien dengan narasumber perawat dengan menjelaskan tentang gejala penyakit DBD, penanganan awal pasien DBD serta cara pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD.
4.   Penyuluhan kepada pengawas petugas cleaning service dan pest control serta karyawan vendor lainnya yang bekerjasama dengan RSUP Fatmawati.
Pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 08.00 – 10.00 WIB telah dilakukan kegiatan Gerebek Jentik dengan mendatangkan petugas dari Kelurahan Cilandak Barat. Kegiatan Gerebek Jentik dilakukan di seluruh gedung dan halaman RSUP Fatmawati.
            Dengan dilakukannya upaya promotif dan preventif untuk mencegah dan menanggulangi penyakit DBD, dengan cara memberikan pengetahuan dan membangun kesadaran masyarakat tentang cara pencegahan DBD, diharapkan dapat mengurangi kasus DBD dan dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat pada umumnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar