Selasa, 17 April 2018


FATMAHIDROPONIK RSUP FATMAWATI



Pada tanggal 16 April 2018 Sekdirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI berkunjung ke Fatmahidroponik RSUP Fatmawati dalam rangka HUT Ke 57 Tahun RSUP Fatmawati.Fatmahidroponik adalah nama tanaman hidroponik yang ada di RSUP Fatmawati, Hidroponik adalah budi daya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.Kata hidroponik berasal dari yunani yaitu Hydro yang berarti air dan ponos yang artinya Daya sehingga hydroponik adalah budi daya tanaman air.

Ditunjang luas lahan area terbuka di RSUP Fatmawati  yang lebih dari 70 %  meliputi lahan terbuka hijau, taman, dan parkir,bertujuan  untuk kenyamanan penghuni RS baik karyawan, pengunjung, dan pasien itu sendiri.
Dengan telah diraihnya juara ke 3 Green Hospital  pada  tahun 2016 dan Juara ke 2 Tahun 2017, maka Tahun 2018 ini kami akan mengembangkan program green hospital dengan optimalisasi taman vertikal garden, tanaman hidroponik, Recyle limbah cair IPAL G. Anggrek, komposting organik ,Program bank sampah  dan Pembuatan Taman sudut/ pembangkit listrik tenaga surya untuk penerangan lampu taman.
Jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan di hidroponik seperti: tanaman sayuran berdaun hijau seperti selada, kangkung, bayam, pokcay, endive, sawi, dapat juga buah-buahan seperti melon, timun, cabe, tomat, dan terong jepang.
Metode Hidroponik yang dipakai  di RSUP Fatmawati adalah DFT (deep Flow Technnique) yaitu salah satu teknik dalam menaman tanaman hidroponik dengan metode sirkular.


                             












       

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar