Selasa, 15 Desember 2015



AKUPUNKTUR

Apakah yang Dimaksud dengan Akupunktur ?
Akupunktur adalah suatu cara pengobatan dengan perangsangan titik – titik tertentu (titik akupunktur) di permukaan tubuh untuk menyembuhkan suatu penyakit. Perangsangan tersebut, dapat dilakukan melalui penusukan jarum, penyuntikan, penyinaran dan sebagainya.

Penyakit Apa Saja yang dapat Diobati dengan Akupunktur ?
Akupunktur telah dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit, baik secara tersendiri maupun sebagai pengobatan penunjang terhadap suatu pengobatan lain.

Secara Umum, Penggunaan Akupunktur dalam Pengobatan adalah pada :
·         Berbagai keadaan nyeri, seperti nyeri kepala, nyeri bahu, nyeri lambung, nyeri lutut, nyeri karena herpes.
·         Berbagai kelainan fungsional, seperti asma, alergi, susah tidur, mual pada kehamilan.
·         Berbagai kelainan syaraf, seperti kelumpuhan muka, kelumpuhan anggota gerak, kesemutan.
·         Keadaan tertentu lainnya, seperti ketagihan merokok, kegemukan, peningkatan stamina, penurunan kadar gula dan sebagainya.

Bagaimana Cara Kerja Akupunktur ?
Perangsangan pada titik akupunktur akan memberikan efek tertentu di tempat perangsangan ataupun di tempat yang jauh dari tempat perangsangan melalui jalur mekanisme syaraf dan humoral

Apakah Akupunktur akan Menimbulkan Ketagihan ?
Akupunktur tidak menimbulkan ketagihan namun beberapa pasien merasakan adanya rasa enak pada tubuh setelah tindakan akupunktur sehingga timbul keinginan untuk diakupunktur lagi.
Apakah Penusukan Titik Akupunktur Menimbulkan Rasa Nyeri ?
Penusukan pada titik akupunktur menimbulkan sedikit rasa nyeri yang umumnya tidak berarti, dapat timbul sedikit rasa ngilu atau pegal atau seperti terkena aliran listrik halus sebagai tanda terangsangnya sistem persyarafan (khusus laserpunktur tidak merasakan nyeri sedikitpun).

Berapa Lama Terapi Dilakukan ?
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan butuh 12 kali perawatan (1 – 3 kali per minggu) sehingga untuk mendapatkan hasil yang baik, satu seri terapi dibutuhkan waktu antara 4 – 8 minggu. Apabila, diperlukan pengobatan seri berikutnya, maka diberikan interval waktu beberapa hari sampai 1 minggu.


Apa yang Dimaksud dengan Akupunktur Estetik Medik ?
Akupunktur Estetik Medik adalah suatu prosedur non bedah yang bisa membantu meremajakan dan mengembalikan vitalitas organ tubuh. Memperbaiki sirkulasi darah dan energi, memelihara kulit dan menambah produksi kolagen untuk mengurangi penampakan garis – garis halus, kerut kendur dan kulit kasar. 

Bagaimana Mekanisme Kerja Akupunktur Estetik Medik ?
Secara medik, penusukan titik akupunktur akan merangsang system persyarafan sehingga menimbulkan reaksi setempat (peredaran darah meningkat, produksi kolagen bertambah dan lain – lain), reaksi melalui jalur syaraf tepi maupun syaraf pusat dan reaksi pelepasan zat – zat neurohumoral.

Pengobatan/Perawatan Apa Saja yang bisa Dilakukan dengan Akupunktur Estetik Medik ?
·         Obesitas.
·         Mengencangkan.
·         Menghilangkan garis – garis halus/keriput.
·         Kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata.
·         Jerawat.
·         Mencerahkan wajah.
·         Rambut rontok.
·         Menopause.

Apa yang Dimaksud dengan Kegemukan ?
Kegemukan adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai kelebihan berat lebih dari 20% dari berat badan idealnya. Untuk menghitung berat badan ideal, digunakan rumus : tinggi badan dikurangi 100, dikurangi 10%.

Mengapa terjadi Kegemukan ?
Kegemukan terjadi apabila kalori yang diterima tubuh lebih besar daripada kalori yang dikeluarkan tubuh

Apa Akibat Kegemukan bagi Kesehatan ?
Kegemukan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, seperti peningkatan kadar gula dalam darah, peningkatan kadar lemak darah, peningkatan resiko untuk mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah. Selain itu, kegemukan pun memberikan penampilan yang merugikan ditinjau dari segi estetika.

Bagaimana Kegemukan dapat Diatasi ?
Upaya mengatasi kegemukan merupakan hal yang memerlukan kesungguhan dan kesabaran. Untuk mencapai hasil yang diharapkan, diperlukan, antara lain Diet, Olahraga dan Akupunktur.
1.    Bagaimana Diet harus Dilakukan ?
Diet harus memenuhi kebutuhan zat gizi dan tidak membuat tubuh merasa lemas. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah :
·         Mengurangi makan di malam hari.
·         Menghilangkan kebiasaan makan jajanan.
·         Mengurangi makan buah – buahan padat, seperti pisang, mangga, salak dan lain – lain.
Catatan : jangan mengurangi minum karena dapat membuat tubuh kekurangan cairan.
2.    Apa Manfaat Olahraga ?
Olahraga bertujuan untuk meningkatkan pengeluaran kalori. Olahraga harus dilakukan secara teratur dengan lama dan intensitas latihan yang cukup. Dengan olahraga, maka tebal lapisan lemak tubuh akan berkurang, bentuk tubuh menjadi lebih proposional serta kesegaran jasmani akan meningkat.
3.    Apa yang Dimaksud dengan Akupunktur ?
Akupunktur adalah perangsangan titik – titik tertentu di permukaan tubuh untuk mengobati penyakit, termasuk untuk kegemukan. Akupunktur diberikan minimal 2 kali per minggu.


RSUP FATMAWATI
Untuk Informasi Lebih Lanjut,
Dapat Menghubungi:
Instalasi Rawat Jalan - Poliklinik Akupunktur
(021) 7501524,7660552 ext.1346



.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar