Selasa, 24 November 2015


Perdarahan selama Kehamilan

Pengertian perdarahan
Adalah keluarnya darah dari jalan lahir selama kehamilan dan bisa membahayakan ibu dan bayi.perdarahan dapat dialami kapan saja selama hamil.

Jenis perdarahan yang dialami ibu hamil pada 3 bulan pertama
1.      Abortus iminem/keguguran yang mengancam .Adalah perdarahan pada rahim yang bisa menyebabkan keluarnya sedikit darah tapi kondisi embrio tetap utuh dan aman.
2.      Abortus incipien/keguguran yang sedang berlangsung,pada kondisi ini wanita hamil akan mengalami perdarahan yang lebih banyak disertai rasa mulas,kondisi embrio masih utuh namun mengalami pembukaan rahim.
3.      Abortus incomplete adalah perdarahan yang dialami akan sangat banyak dan bisa menyebabkan syok.Pada kondisi ini embrio keluar dan masih ada sisa yang tertinggal di rahim.
4.      Hamil ektopik/hamil diluar kandungan,biasanya yang terjadi adalah calon janin menempel disaluran telur (tuba falopii),jika terjadi seperti ini maka tindakan yang dilakukan operasi guna mengeluarkan janin dan mengangkat saluran telur yang robek.

Penyebab perdarahan pada Trimester ke-2 dan ke-3
v  Plasenta dibawah (plasenta previa) yaitu keadaan dimana plasenta menutupi jalan lahir,biasanya perdarahan yang terjadi tanpa disertai rasa nyeri.
v  Plasenta lepas (solusio plasenta) yaitu kondisi dimana perlekatan plasenta robek sebagian atau terlepas.perdarahan yang terjadi umumnya bercak darah yang berwarna merah gelap dan perut ibu teraba tegang serta ibu mengeluh sakit.

Hal yang perlu dilakukan apabila mengalami kondisi perdarahan
v  Baringkan ibu hamil dengan posisi kaki lebih tinggi dari bahu
v  Istirahat hingga perdarahan berkurang
v  Jangan melakukan aktifitas yang berat,misalnya mengangkat beban.
v  Hubungi dokter bila darah keluar cukup banyak,agar bisa segera mendapat penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar