Minggu, 04 Juni 2017



KEGIATAN GERMAS DI RSUP FATMAWATI 


      GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah Kampanye yang telah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI untuk seluruh masyarakat Indonesia. GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran,kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 
Kegiatan GERMAS  yaitu : peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat. 

RSUP Fatmawati mendukung GERMAS melalui kegiatan :
· Senam pagi bersama, sepeda sehat dan jalan sehat
· Senam peregangan
· Sarapan menu sehat dan pojok jamu sehat
· Pemeriksaan tekanan darah rutin
· Kunsultasi Gizi
· Konsultasi Kesehatan Kerja
· Penyuluhan / Edukasi Hidup Bersih dan Sehat
· Kampanye Hari Tanpa Tembakau Sedunia
· Bazaar Makanan Sehat 

Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan secara rutin di lingkungan RSUP Fatmawati. 

Sebagai sasaran utama untuk tahap awal yaitu para karyawan dimana tanpa disadari karena
keterbatasan waktu sehingga para karyawan kurang melakukan aktivitas fisik dan kurang mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Dengan adanya GERMAS, akan menggugah kemauan untuk melakukan senam bersama, mendapatkan edukasi mengenai makanan yang sehat dikonsumsi, dan pemantauan kondisi kesehatan secara umum. Selain itu, Kampanye dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun ini mengambil tema “Ramadhan Saat yang Tepat untuk Berhenti Merokok Sekarang dan seterusnya” diharapkan akan meningkatkan perhatian masyarakat umum mengenai bahaya merokok.
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar