Kamis, 18 Agustus 2016

  BAGAIMANA MENJADIKAN ANAK SEHAT, TINGGI DAN CERDAS 

Anak merupakan cikal bakal lahirnya suatu generasi baru yang merupakan penerus bagi suatu bangsa dan negara. Di Indonesia, jumlah anak usia balita sebanyak 23,7 juta, 10,4% dari total penduduk Indonesia (IDAI, 2008). Pertumbuhan dan perkembangan yang baik merupakan syarat mutlak untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Gangguan dalam tumbuh kembang anak akan menghambat terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas sebagai penentu masa depan bangsa.

Anak balita merupakan masa emas (golden period) bagi pertumbuhan otak dan perkembangan daya pikir anak, sekaligus sebagai masa kritis (critical period) sehingga jika terjadi kelainan/penyimpangan sekecil apapun, apabila tidak terdeteksi dan tidak tertangani dengan baik, akan mengurangi kualitas sumber daya manusia kelak. Asupan gizi yang tidak adekuat, kurangnya stimulasi dan tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak.
Faktor yang berperan dalam tumbuh kembang anak, antara lain genetik, nutrisi (ASI, MP – ASI dan makanan keluarga) dan lingkungan. Hal yang diperlukan lagi adalah nutrisi optimal untuk pertumbuhan optimal, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, imunisasi, stimulasi dan bermain, cukup istirahat.
Dengan adanya hal tersebut di atas, terdapat hormon untuk pertumbuhan normal, yaitu hormon tiroid atau seringkali disebut dengan “hormon gondok”, hormon pertumbuhan dikenal dengan tinggi badan, hormon untuk tulang (vitamin D dan kalsium) dan hormon pubertas (testoteron dan estrogen). Sehingga, akan muncul kecerdasan multiple pada anak, yaitu verbal – linguistic (menguraikan pikiran à bahasa), logicalmathematical (menggunakan logika), naturalist (memahami/memanfaatkan lingkungan), visual – spatial (berpikir 3 dimensi), bodilykinesthetic (ketrampilan gerak tubuh), musical (berekspresi dengan bunyi, nada, irama), intrapersonal (pengendalian diri) dan interpersonal (menyesuaikan diri).
Dengan demikian, berbagai hal yang perlu orang tua lakukan terhadap anak adalah :
1.    Pemenuhan kebutuhan dasar anak :
a.    Fisis biomedis (nutrisi, imunisasi, tidur, bermain dan lain – lain).
b.    Kasih sayang.
c.    Stimulasi
2.    Pemantauan pertumbuhan :
a.    Penimbangan berat badan.                    
b.    Pengukuran panjang badan.
c.    Pengukuran lingkar kepala.
d.    Plot ke dalam kurva yang sesuai.
3.    Pengamatan perkembangan :
a.    Perhatikan tampilan fisik anak.
b.    Tonggak perkembangan : kognitif, bahasa, sosial, motor halus, motor kasar, dan mandiri adaptif.
c.    Cek perkembangan anak menggunakan buku Kesehatan Ibu dan Anak (buku KIA).



Konsultasikan perkembangan anak Anda sedini mungkin kepada Tim Tumbuh Kembang, di :
Klinik Tumbuh Kembang RSUP Fatmawati
Setiap hari Rabu dan Jum’at
Gedung Instalasi Rehabilitasi Medik

Telp. (021) 7501524, 7660552 ext. 1623

Tidak ada komentar:

Posting Komentar