Senin, 19 Januari 2015

Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia di RSUP Fatmawati


JAKARTA, 15 Januari 2015 – sebagai rumah sakit rujukan nasional dengan layanan excellent terpadu 2019, kegiatan Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia sesuai dengan salah satu misi RSUP Fatmawati yaitu memberikan pelayanan, pendidikan, dan penelitian yang berkualitas dan terintegrasi. RSUP Fatmawati Jakarta sebagai Rumah Sakit Vertikal Kemenkes RI terbukti telah berhasil membuat kegiatan sosial yang bekerja sama dengan Yayasan Aura Kinasih dan GanarArt.

Penyakit kanker bukanlah di luar kemampuan kita. Penyakit ini dapat dicegah, dideteksi secara dini, diobati atau dikontrol dengan baik dengan pengobatan yang benar. Dan pasien kanker berhak mendapat kuallitas hidup yang baik. Karena banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kanker diobati dengan menggunakan pengobatan alternatif dan baru datang ke pusat pelayanan kesehatan setelah terlambat. Oleh karena itu RSUP Fatmawati menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi mengenai kanker kepada pasien dan keluarga pasien anak.

Adapun rangkaian susunan acara peringatan hari kanker anak sedunia ini adalah pembukaan dan pemberian sambutan oleh Direktur Medik dan Keperawatan, Dr. Lia Gardenia Partakusuma, SpPK (K), MM, MARS. Beliau mengungkapkan mengenai pentingnya semangat dari dalam diri untuk membantu proses penyembuhan.

Berikutnya adalah pemberian edukasi mengenai penyebab maupun penanggulangan kanker pada anak yang disampaikan oleh Dr. Sri Enggar Sp. A. Setelah menyampaikan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta cukup antusias dalam memberikan pertanyaan.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan hiburan yang dilakukan oleh GanarArt. Pasien anak diarahkan untuk melukis gambar-gambar menarik di atas kaos dan bisa dimiliki. Sambil melukis di atas kaos, pasien dan keluarga pasien bisa menikmati lantunan lagu dan cerita anak yang dibawakan oleh Yayasan Aura Kinasih. Bingkisan berupa boneka dan alat-alat sekolah yang telah disiapkan pun diberikan kepada masing-masing pasien anak yang saat ini dirawat di IRNA Teratai lantai 3.

Acara peringatan hari kanker anak sedunia ini dihadiri oleh Direksi, manajemen IRNA Teratai, pasien dan keluarga pasien IRNA Teratai lantai 3, Yayasan Aura Kinasih, GanarArt, dan diliput oleh beberapa media yaitu TV Berita Satu, majalah HealthyLife, Tempo, dan Media Indonesia. Acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah (IPH/RSF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar